Cara Mengedit Template Blog Agar SEO Friendly





بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Agar Blog SEO Friendly banyak sekali cara yang harus diterapkan, bahkan sangking banyaknya tidaklah habis-habis untuk diterapkan atau diperaktekkan. Semua blogger pasti sangat menginginkan akan SEO Friendly dan optimal untuk blog-blog mereka. Pada kesempatan ini akan menulis artikel yang ada kaitanya mengenai belajar SEO blogspot. Nah.. kira-kira Bagaimana ya?
Berbagai cara memang telah dilakukan untuk meningkatkan optimasi SEO blogspot, seperti halnya dalam memilih template blog. Memilih template blog yang benar memang mutlak diperlukan. Jika dalam memilih template blog dengan asal-asalan, alhasil nantinya SEO blogspot kita akan kacau.

Maka pilihlah template blog Anda dengan benar. baca disini. Benar disini maksudnya adalah tampilannya bagus, tidak mencolok mata, cocok untuk tema blog kita, dan yang lebih penting lagi adalah SEO Friendly.

Nah, jika mungkin Anda ingin membuat template blog Anda agar menjadi template SEO friendly maka cara-cara di bawah ini mungkin bisa bermanfaat buat Anda. Berikut cara-caranya!

1.  Page Title
Biasanya format page title dari blogger adalah seperti ini, JUDUL BLOG : JUDUL POSTING. Nah, agar blog kita lebih disukai oleh Google sehingga ujung-ujungnya blog kita jadi rame, kita harus merubah format page title standar itu menjadi seperti ini, JUDUL POSTING | JUDUL BLOG.

Caranya cari kode berikut ini di Edit HTML, cukup dengan menekan tombol Ctrl+F pada keyboard!

<title><data:blog.pageTitle/></title>

Kalo udah dapet kodenya, silakan Anda hapus dan ganti dengan kode berikut ini!

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

Atau Anda juga bisa tambahkan dengan beberapa kata kunci (keyword).

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> |
KATA KUNCI ANDA | KATA KUNCI ANDA </title>
</b:if>

Ganti kode "KATA KUNCI ANDA" dengan keyword yang Anda incar. Setelah semua selesai jangan lupa untuk save template.

2.  Meta Keyword dan Deskripsi
Suatu mesin pencari seperti Google sangat menyukai sebuah website/blog yang jelas tema dan isi content-nya. Jadi, Anda harus tambahkan suatu tag yang namanya meta tag. Caranya adalah dengan menambahkan kode berikut ini sebelum kode <b:skin><![CDATA[/*.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="
DESKRIPSI BLOG ANDA" />
<meta name="keywords" content="
KATA KUNCI, KATA KUNCI, KATA KUNCI" />
</b:if>

Setelah itu, save template Anda.

3.  Memasang Breadcrumbs
Breadcrumbs adalah menu navigasi yang ada di atas sebuah posting atau artikel. Contohnya bisa dilihat diblog saya ini. Cara unutk pamasangannya sobat bisa baca diartikel saya dengan judul membuat menu breadcrumb pada blog.

4.  Memasang Related Post
Related post sangat bagus untuk SEO maupun buat pengunjung. Jadi pasanglah segera related post di blog Anda. related pos ini ada yang bergambar ada juga yang tidak dan masih banyak lagin bentuk dan caranya, sobat baca disini untuk memasang related pos bergambar. dan bila tidak bergambar baca postingnya disini

5.     Mematikan Setting Blog Archive (Arsip Blog)
“Lho?”
“Buat apa?”

Begini, Google sangat membenci dengan yang namanya duplicate content. Jadi ketika kita mengaktifkan opsi blog arsip, misalnya kejadiannya seperti ini, Anda ingin membuat sebuah blog di blogger.com. Lalu membuat 3 posting, 1 buah setiap hari. Maka di halaman utama atau homepage Anda akan ada 3 posting dan sebuah link arsip seperti ini, http://BLOGANDA.blogspot.com/2007_03_01_archive.html, yang memunculkan 3 posting yang sama dengan yang dimunculkan oleh homepage. Intinya, 2 buah link yang memunculkan sebuah halaman yang sama. Bagi Search Engine apa lagi Google, ini adalah masalah serius. Oleh karena itu kita harus me-nonaktifkan opsi arsip.

Caranya, cukup klik tab Setting, pilih Archiving. Nah, pada bagian Archiving Frequency ubah menjadi No Archive. Selesai sudah! :)

6.  Menambahkan Kode ‘Rel=Canonical’
Gunanya kita menambahkan ‘rel=canonical’ adalah untuk menghindari konten ganda, karena seperti para Master of SEO bilang bahwa Google sangat tidak dapat mentolerir sebuah duplicate content. Caranya mudah, cukup klik Edit HTML, lalu Anda tambahkan kode berikut setelah kode <head>.

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

Save template dan selesai.

7.  Tag Heading
Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ubahlah ukuran judul posting Anda dengan tag H1. Caranya cari kode berikut!

<b:if cond='data:post.title'>
<
h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</
h3>
</b:if>

Kode yang dicetak tebal dihapus dan diubah dengan tulisan h1. Setelah itu tambahkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin>.

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }

Nah, mungkin cukup sekian dulu dari saya tentang bagaimana cara mengedit template blog agar SEO friendly kali ini.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu!
Terima kasih.
Bagikan lewat :
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengedit Template Blog Agar SEO Friendly dan anda bisa menemukan artikel Cara Mengedit Template Blog Agar SEO Friendly ini dengan URL http://really-really-good.blogspot.com/2012/03/cara-mengedit-template-blog-agar-seo.html. Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copy paste-nya jika artikel Cara Mengedit Template Blog Agar SEO Friendly ini bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan LINK Cara Mengedit Template Blog Agar SEO Friendly sebagai sumbernya.


Artikel lain yang mungkin ingin anda baca!


Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!



Responses

0 Respones to "Cara Mengedit Template Blog Agar SEO Friendly"

Komentar Sobat Sangat Berarti Bagi Kami

Mohon Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan. Maaf, jika ingin menyertakan url (http://) mohon diLINK saja ya. Trims

 
Kembali Keatas Kembali Keatas
© Copyright 2010-2012 Really Really Good All Rights Reserved | About | Privacy | Contact | T O S | Sitemap | Stylished by Really Really Good Powered By Blogger
^_^ Submit | Member Area | Report | Report | Log In | Log Out
Ping your blog, website, or RSS feed for Free | |

DMCA.com