Sebab-sebab Bacaan Terbaik yang Sering Terlupakan



بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 
Al-Quran - Setiap individu Muslim yang bertaqwa memerlukan al-Qur’an sebagai kitab yang memberi petunjuk kepada mereka. Petunjuk ini diperlukan pada setiap masa dan tempat, termasuk oleh para wanita ketika mereka didatangi haidh. Tidak mungkin untuk dikatakan bahwa ketika haidh mereka tidak memerlukan petunjuk dalam kehidupan sehari-harian mereka.

Banyak hal yang menakjubkan dari kitab suci Al Quran. Kita sebagai seorang muslim harus banyak tahu ilmu tentang Al-Qur’an, agar kita lebih senang membacanya, merenungkan, dan bahkan menghafalkannya. Al Qur’an dalam arti bahasa memang bacaan. 

Secara istilah barulah ia berarti firman Allah yang merupakan mukjizat dan diturunkan dalam hati Muhammad untuk di ajarkan kepada umat muslimin yang kemudian diriwayatkan secara muttawattir kepada kita serta merupakan ibadah ketika kita membacanya. Untuk belajar Al Qur’an kita harus talaqqi (belajar membaca Al Qur’an secara langsung dibimbing oleh seorang guru Al Quran). 

Karena dengan talaqqi seseorang akan mendapatkan pengarahan yang benar setiap kali salah membaca. Bacaan Al-Qur’an bukanlah berdasarkan ijtihad, melainkan riwayat, sehingga harus melalui proses talaqqi kepada seorang guru dan tidak dapat dipelajari sendiri, sedangkan secara teori ilmu tajwid dapat dipelajari sendiri. Oleh karenanya ulama menetapkan bahwa hukum membaca Al-Qur’an dengan benar adalah Fardlu ‘Ain sedangkan mempelajari ilmu tajwid secara teori adalah fardhu kifayah.

Ketika kita masih merasa berat menyentuh dan membaca Al Quran ini dikarenakan beberapa sebab. Sebab adalah masalah utama yang harus dicarikan solusi oleh kita semua kaum muslimin. Sebab-sebab itu di antaranya:
  1. Perasaan menganggap sepele tentang keutamaan membaca Al-Qur’an
  2. Lemah wawasan ber Al-Qur’an
  3. Tidak memiliki waktu yang wajib/target khusus untuk berinteraksi dengan Al Quran
  4. Lemahnya keinginan untuk bertilawah
  5. Terbawa lingkungan yang jauh dari Al-Qur’an
  6. Tidak tertarik dengan majelis yang menghidupkan Al Quran.
Untuk menanggulangi sederetan masalah diperlukan solusi dan kiat-kiat khusus di antaranya:
  1. Lancarkan bacaan yaitu dengan belajar secara talaqqi, dan sering tilawah, meski masih terbata-bata (muraja’ah = membaca berulang hingga benar) karena dalam hadits dikatakan “Orang yang mahir dengan Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan taat, dan orang yang terbata-bata serta merasa kesulitan, maka ia mendapatkan dua pahala (pahala membaca dan pahala semangat membaca)” (HR. Muslim).
  2. Tingkatkan wawasan ber Al-Qur’an, dengan sering-sering menghadiri majelis-majelis ilmu yang menghidupkan Al-Qur’an.
  3. Jadikan waktu khusus (target harian) untuk tilawah, anggap utang jika tidak memenuhi target dan bayarlah (qodo’), pada hari berikutnya.
  4. Berdoalah pada Allah agar dimudahkan dan diringankan untuk mempunyai waktu khusus membaca, merenungi bahkan menghafal Al-Qur’an.
  5. Perbanyak amal shalih karena amal shalih merupakan energy baru untuk amal shalih berikutnya.
  6. Banyak-banyak bergaul dengan orang-orang shalih yang menghidupkan dan dekat dengan Al Quran.
Perumpamaan orang Mukmin yang membaca Al-Qur’an seperti buah Utrujah, baunya harum dan rasanya enak. Dan perumpamaan orang Mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an seperti buah Kurma, tidak wangi rasanya manis. dan perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur’an seperti buah Raihanah, baunya enak dan rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur’an seperti buah Handzalah, tidak beraroma dan rasanya pahit.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang membaca Al Quran kemudian meningkat (kehidupan kami), dan janganlah engkau jadikan kami orang-orang yang membaca Al-Qur’an namun kami menderita…
Wallahu a’lam bishawwab…

Kutipan kutipan dari http://www.dakwatuna.com
Bagikan lewat :
Anda sedang membaca artikel tentang Sebab-sebab Bacaan Terbaik yang Sering Terlupakan dan anda bisa menemukan artikel Sebab-sebab Bacaan Terbaik yang Sering Terlupakan ini dengan URL http://really-really-good.blogspot.com/2012/03/sebab-sebab-bacaan-terbaik-yang-sering.html. Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copy paste-nya jika artikel Sebab-sebab Bacaan Terbaik yang Sering Terlupakan ini bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan LINK Sebab-sebab Bacaan Terbaik yang Sering Terlupakan sebagai sumbernya.


Artikel lain yang mungkin ingin anda baca!


Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!



Responses

1 Respones to "Sebab-sebab Bacaan Terbaik yang Sering Terlupakan"

Komentar Sobat Sangat Berarti Bagi Kami

Mohon Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan. Maaf, jika ingin menyertakan url (http://) mohon diLINK saja ya. Trims

 
Kembali Keatas Kembali Keatas
© Copyright 2010-2012 Really Really Good All Rights Reserved | About | Privacy | Contact | T O S | Sitemap | Stylished by Really Really Good Powered By Blogger
^_^ Submit | Member Area | Report | Report | Log In | Log Out
Ping your blog, website, or RSS feed for Free | |

DMCA.com